Pages - Menu

Wednesday, February 5, 2014

Hati Yang Tertuduh

Sebab jika kita dituduh oleh [hati kita], Allah adalah lebih besar daripada hati kita serta mengetahui segala sesuatu. —1 Yohanes 3:20
Hati Yang Tertuduh
Baru-baru ini saya membaca tentang seorang detektif swasta di AS yang biasa mengetuk pintu, menunjukkan lencananya, lalu berkata, “Saya rasa kami tak perlu memberitahukan alasan kami datang kemari.” Sering kali, tuan rumahnya akan tertegun dan berkata, “Bagaimana Anda bisa tahu?” untuk kemudian menjelaskan tentang suatu tindak kriminal di masa silam yang belum pernah terungkap. Dalam tulisannya di majalah Smithsonian, Ron Rosenbaum menyebut reaksi itu sebagai “terkuaknya kesadaran nurani, monolog batin dari hati yang tertuduh.”
Kita semua mengetahui hal-hal tentang diri sendiri yang tidak diketahui oleh siapa pun—segala kegagalan, pelanggaran, dosa kita. Meskipun kita sudah mengakuinya di hadapan Allah dan diampuni-Nya, semuanya itu dapat muncul kembali dan menuduh hati kita dengan bertubi-tubi. Yohanes, salah seorang murid terdekat Yesus, menulis tentang kasih Allah bagi kita dan panggilan untuk mengikuti perintah-Nya: “Demikianlah kita ketahui, bahwa kita berasal dari kebenaran. Demikian pula kita boleh menenangkan hati kita di hadapan Allah, sebab jika kita dituduh olehnya, Allah adalah lebih besar dari pada hati kita serta mengetahui segala sesuatu” (1Yoh. 3:19-20).
Keyakinan kita kepada Allah bertumbuh dari kasih dan pengampunan yang diberikan-Nya dalam Kristus, bukan dari hasil perbuatan kita dalam hidup ini. “Demikianlah kita ketahui, bahwa Allah ada di dalam kita, yaitu Roh yang telah Ia karuniakan kepada kita” (ay.24).
Allah yang mengetahui segala sesuatu tentang diri kita itu jauh lebih besar daripada segala tuduhan yang menyerang hati kita. —DCM
Di dalam Yesus Penebus,
Hukuman dosa hilanglah;
Kudapat hidup yang kudus,
Jubahku kebenaran-Nya. —Wesley
(Kidung Jemaat, No. 31b)
Orang yang menerima Kristus tidak akan pernah menerima hukuman Allah.

No comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews

Translate