Pages - Menu

Tuesday, August 26, 2014

Penunjuk Arah Rohani

KomikStrip-WarungSateKamu-20140826-Penunjuk Arah Rohani
Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku. —Mazmur 119:105
Penunjuk Arah Rohani
Longitude (Garis Bujur), buku pemenang penghargaan, karya Dava Sobel, menggambarkan satu dilema yang dihadapi para pelaut masa lalu. Mereka bisa dengan mudah menentukan posisi mereka pada garis lintang utara atau selatan dengan memperhatikan panjang hari atau ketinggian matahari. Namun cara menentukan posisi pada garis bujur timur atau barat tetaplah tidak mudah dan tidak benar-benar dapat diandalkan. Hal itu terjadi sampai John Harrison, seorang pembuat jam asal Inggris, menemukan kronometer laut. Itulah “jam yang akan selalu menunjukkan waktu yang tetap dari titik awal berlabuh . . . hingga ke sudut terpencil mana pun di dunia” sehingga para pelaut dapat menentukan posisi mereka pada garis bujur.
Dalam mengarungi lautan hidup ini, kita memiliki Alkitab sebagai penunjuk arah rohani yang benar-benar dapat diandalkan. Pemazmur menulis, “Betapa kucintai Taurat-Mu! Aku merenungkannya sepanjang hari” (Mzm. 119:97). Pemazmur tidak hanya sesekali membaca firman Allah, melainkan ia merenungkan petunjuk Tuhan di sepanjang hari: “Peringatan-peringatan-Mu kurenungkan” (ay.99). Hal itu diperkuat dengan komitmen pemazmur untuk menaati Sang Penulis: “Aku telah bersumpah dan aku akan menepatinya, untuk berpegang pada hukum-hukum-Mu yang adil” (ay.106).
Sebagaimana para pelaut zaman dahulu, kita memerlukan panduan yang terus-menerus dapat menolong kita dalam mengetahui arah hidup dan menjaga kita tetap berada di jalur yang benar. Itulah yang terjadi ketika kita mencari Tuhan hari demi hari dengan hati yang terbuka dan rela untuk mengatakan, “Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku.” —DCM
Kita perlu bimbingan Allah sumber hikmat surgawi,
Tuntunan dan kasih-Nya dari hari ke hari;
Saat kita mempercayai arah yang ditunjukkan-Nya,
Dia akan meluruskan langkah hidup kita. —Fitzhugh
Jika Allah menjadi penunjuk arah, kamu akan menuju ke arah yang benar.

No comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews

Follow by Email

Translate