Pages - Menu

Wednesday, October 30, 2019

Terang Dalam Kegelapan

Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia. —Yohanes 16:33
Terang Dalam Kegelapan
Dalam buku These Are the Generations, Mr. Bae bercerita tentang kesetiaan Allah dan kuasa Injil dalam menembus kegelapan. Kakek, orangtua, dan keluarganya sendiri menderita penganiayaan karena membagikan iman mereka di dalam Kristus ke orang lain. Namun, ada hal menarik yang terjadi ketika Mr. Bae dipenjara karena bersaksi tentang Allah kepada seorang teman: Ia merasakan imannya bertumbuh. Hal yang sama terjadi kepada orangtuanya ketika mereka dimasukkan ke dalam kamp konsentrasi. Mereka terus membagikan kasih Kristus di sana. Bagi Mr. Bae, janji dalam Yohanes 1:5 itu benar adanya: “Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya.”
Sebelum ditangkap dan disalibkan, Yesus memperingatkan murid-murid-Nya mengenai penganiayaan yang akan mereka hadapi. Mereka akan ditolak oleh orang-orang yang “akan berbuat demikian, karena mereka tidak mengenal baik Bapa maupun Aku” (16:3). Namun, Yesus memberikan penghiburan ini: “Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia” (ay.33).
Meskipun banyak orang yang percaya kepada Yesus belum pernah mengalami penganiayaan seperti yang dialami keluarga Mr. Bae, bukan berarti hidup kita akan bebas dari masalah. Namun, kita tidak perlu menyerah, kecewa, atau menyimpan kebencian. Kita mempunyai Penolong, yaitu Roh Kudus yang dijanjikan Yesus. Kita dapat meminta tuntunan dan penghiburan dari-Nya (ay.7). Kuasa kehadiran Allah sanggup menopang kita di masa-masa yang kelam. —Linda Washington
WAWASAN
Yesus berjanji bahwa kenaikan-Nya ke surga adalah hal baik bagi para murid-Nya karena kepergian-Nya akan mengawali turunnya Roh Kudus, Penghibur dan Pembela kita (Yohanes 16:7). Namun, setelah Roh Kudus datang, penganiayaan akan terjadi. Para pemuka agama akan membunuh pengikut Yesus, dengan berpikir bahwa tindakan itu adalah pelayanan kepada Allah (ay.2). Yesus tahu para murid-Nya akan membutuhkan penghiburan dan pertolongan Roh Kudus selama masa-masa sulit itu—sesuatu yang juga kita butuhkan saat ini. —J.R. Hudberg
Kesulitan apa yang pernah dialami kamu atau orang lain yang kamu kenal sebagai orang percaya? Apa reaksi mula-mula kamu saat menghadapi kesulitan tersebut?
Bapa Surgawi, lindungilah anak-anak-Mu yang menderita penganiayaan.

No comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews

Follow by Email

Translate