Pages - Menu

Saturday, January 25, 2020

Misteri Terbesar

[Yesus] adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan. —Kolose 1:15
Misteri Terbesar
Sebelum saya percaya kepada Tuhan Yesus, saya sudah pernah mendengar Injil diberitakan. Namun, saya merasa sulit memahami identitas-Nya. Bagaimana mungkin Yesus dapat mengampuni dosa-dosa saya sementara Alkitab mengatakan hanya Allah yang dapat mengampuni dosa? Ternyata saya tidak sendirian dalam pergumulan tersebut. Setelah membaca Knowing God, penulisnya J. I. Packer menyatakan bahwa bagi banyak orang yang belum percaya, “klaim iman Kristen yang paling mengguncangkan adalah bahwa Yesus orang Nazaret itu Allah yang menjadi manusia . . . Dia sungguh-sungguh dan sepenuhnya Allah, sekaligus sungguh-sungguh dan sepenuhnya manusia.” Namun, kebenaran itulah yang memungkinkan tercapainya karya keselamatan.
Ketika Rasul Paulus menyebut Yesus sebagai “gambar Allah yang tidak kelihatan,” ia bermaksud mengatakan bahwa Yesus sepenuhnya dan sungguh-sungguh Allah—Pencipta dan Penopang segala sesuatu di surga dan di bumi—tetapi juga sepenuhnya manusia (Kol. 1:15-17). Karena kebenaran itulah, kita dapat meyakini bahwa melalui kematian dan kebangkitan-Nya, Kristus tidak hanya memikul konsekuensi dosa kita tetapi juga telah memulihkan manusia kepada naturnya yang sejati. Dia melakukannya agar kita—dan segala ciptaan lain—dapat diperdamaikan dengan Allah (ay.20-22).
Lewat sebuah inisiatif dan tindakan kasih yang ajaib, Allah Bapa menyatakan diri-Nya di dalam dan melalui Kitab Suci oleh kuasa Allah Roh Kudus dan melalui hidup Allah Anak. Mereka yang percaya kepada Yesus diselamatkan karena Dialah Immanuel—Allah menyertai kita. Puji Tuhan!—XOCHITL DIXON
WAWASAN
Paulus menulis surat Kolose untuk menentang ajaran-ajaran palsu. Ia tidak menyatakan secara spesifik ajaran sesat apa yang ditentangnya selain bahwa ajaran-ajaran ini berhubungan dengan diri Kristus. Paulus menjunjung ketuhanan Yesus (1:15-16), keutamaan dan otoritas-Nya (ay.17-23), dan kecukupan-Nya untuk keselamatan dan pertumbuhan rohani (2:6-15). Rasanya tidak ada bagian Perjanjian Baru yang lebih kental dengan doktrin Kristus daripada Kolose 1:15-23. Paulus meneguhkan empat hal tentang identitas dan otoritas Kristus: Dialah Allah (ay.15); Dialah Pencipta dan Pemelihara seluruh ciptaan (ay.16-17); Dialah Kepala jemaat, ciptaan baru-Nya (ay.18); dan Dialah Penebus dan Penyelamat kita (ay.19-23). —K. T. Sim
Pernahkah kamu mengalami kesulitan untuk memahami Yesus? Apa hasil pergumulanmu itu?
Allah terkasih, terima kasih karena Engkau berkenan menyatakan diri-Mu dan mendamaikan kami dengan-Mu melalui Yesus Kristus, Anak-Mu.

No comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews

Translate