Pages - Menu

Tuesday, March 19, 2013

Tak Bisa Melakukan Semuanya


Baca: Galatia 6:1-10

Baiklah tiap-tiap orang menguji pekerjaannya sendiri; maka ia boleh bermegah melihat keadaannya sendiri dan bukan melihat keadaan orang lain. —Galatia 6:4

Eliana yang berusia empat tahun sedang membantu ibunya merapikan beberapa barangnya sebelum ia tidur. Ketika sang ibu meminta Eliana untuk menyingkirkan pakaian dari tempat tidur, Eliana pun kehilangan kesabarannya. Ia berpaling, menaruh kedua tangan kecilnya di pinggul, lalu berkata, “Aku tak bisa melakukan semuanya!”

Pernahkah Anda merasa seperti itu dengan tugas yang Allah minta untuk Anda lakukan? Gampang sekali merasa kewalahan dengan segala urusan kita dalam pelayanan gereja, bersaksi, dan membina keluarga. Bisa jadi kita mengeluh dengan jengkel dan berdoa, “Tuhan, aku tak bisa melakukan semua itu!”

Namun instruksi Allah menunjukkan bahwa tuntutan-Nya tidaklah memberatkan. Sebagai contoh, dalam hubungan kita dengan sesama, Dia memberi kita batasan: “Sedapat-dapatnya, kalau hal itu bergantung padamu, hiduplah dalam perdamaian dengan semua orang” (Rm. 12:18). Allah mengerti keterbatasan kita. Atau ini: “Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan” (Kol. 3:23). Allah tidak menuntut kesempurnaan agar kita membuat orang lain terkesan, tetapi hanya untuk memuliakan Dia dengan pekerjaan yang kita lakukan. Dan satu lagi: “Baiklah tiap-tiap orang menguji pekerjaannya sendiri; maka ia boleh bermegah melihat keadaannya sendiri dan bukan melihat keadaan orang lain” (Gal. 6:4). Kita tidak melakukan pekerjaan kita untuk bersaing dengan orang lain, tetapi hanya untuk memikul beban kita sendiri.

Dalam hikmat-Nya, Allah telah memperlengkapi kita hanya untuk melakukan apa yang Dia ingin kita kerjakan—dan itu artinya bukan semua hal! —JDB

Dia beriku tugas agar kubersandar kepada-Nya,
Dia beriku daya untuk melakukan tugas yang berat;
Dan kala kuberjalan dalam anugerah-Nya,
Kurasakan sukacita melangkah bersama-Nya. —Gustafson

Ketika Allah memberi tugas, diberi-Nya juga kemampuan untuk menunaikannya.

No comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews

Follow by Email

Translate